Kamis, 09 Januari 2014

Lihat Bintang

Gue sangat suka bintang, gue suka dengan langit malam. Nggak banyak orang yang nyempetin untuk mendongakkan kepala ke atas langit untuk melihat langit malam. Langit malam itu buat gue futuristik, menarik dan penuh rahasia, apalagi kalo ada bintangnya.

Pernah sekali waktu gue berdua bareng temen gue nyoba untuk ke Bosscha, Observatorium teropong bintang yang ada di Lembang, Bandung. Dengan perjuangan yang cukup rumit, kesasar karna nggak tau jalan dan sampai di bosscha malah salah jadwal kunjungan dan nggak bisa masuk, ceritanya disini. Jadi nggak bisa liat bintang dengan teropong canggih yang ada di bosscha.
kapan-kapan gue musti bisa datang dan masuk ke sana lagi.

Semenjak gue tinggal di Bandung, sulit sekali buat gue bisa liat bintang malam. Bandung yang kayanya sudah jadi kota besar ini lah penyebab sulit bisa liat bintang di malam hari. Dari yang gue tau, mata manusia akan sulit melihat objek yang kecerahannya hampir sama ke sekitarnya. Gini, jadi cahaya yang di hasilkan dari lampu-lampu penerangan pada malam hari itu ngalahin kecerahan cahaya dari bintang, jadi cahaya bintang di biaskan hingga nggak sampai ke bumi, Polusi cahaya namanya.
dimana bintang?





Tapi beberapa bulan kebelakang gue nemuin cara yang gue temukan sendiri (kayanya). Cara supaya bisa liat bintang dimalam hari. Gue temuin waktu gue mulai rajin sholat subuh ke masjid (hehehe...rajin ke masjid). Waktu sholat subuh di tempat gue Bandung sekitaran jam 04 lewat 10 menitan gitu, jadi masih gelap banget. Saat gue jalan sendirian ke Masjid nggak tau kenapa gue mendongakkan kepala ke atas langit subuh waktu itu, padahal sudah lama gue nggak ngebiasain mendongakkan kepala buat liat bintang karena terbiasa sejak merantau ke kota besar gue udah tau nggak bakal bisa liat bintang karena polusi cahaya. Tapi entah kenapa saat itu gue liat ke atas, gue liat bintang, sesuatu yang berharga buat gue. bisa liat bintang lagi :)

Mulai dari situ, gue tandain kalo waktu yang tepat buat liat bintang ya jam segitu. yang biasanya paling banter bisa liat bintang 2 atau 3 biji, itu juga kalo beruntung langit lagi cerah di jam malam. 

Tapi, ada lagi cara ke dua yang gue temukan. bukan cuma saat subuh, tapi sekitaran pukul 01:00 dini hari ternyata juga bintangnya bagus, kecuali kalo lagi nggak hujan. Mungkin sekitaran jam segitu orang-orang udah pada tidur dan lampu-lampu rumah banyak yang udah di matiin, jadi polusi cahaya nya berkurang.
Mulanya gue nemuin cara kedua ini pas gue ngedonlod lagunya OneRepublic - Counting Stars, artinya ngitungin bintang ya? awalnya gue bodo amat soal isi lagunya, yang gue tau judulnya ngitungin bintang, iya. Pas beres donlod lagunya gue langsung keluar kostan, pasang hedset, menerawang ke atas langit. Nah, waktu itu sekitaran jam 1 dini hari. Eh ini lagu kayanya asik kalo gue denger di lantai dua teras kostan sambil liat bintang. Dan benar aja, bintangnya bagus juga di jam segitu. 


Kegiatan dengerin lagu OneRepublic - Counting Stars sambil duduk di teras kostan tapa baju hangat, dengan celana pendek dan tanpa alas kaki udah gue lakuin selama 1 minggu, sejak gue donlod lagu nya. Sensasinya asik, gue jadi nemuin waktu merenung paling berkualitas selama kurang lebih 15 menit. syahdu banget. Cuma 15 menitan karena duduk di teras tanpa baju hangat, dengan celana pendek, dan tanpa alas kaki, ketahanan gue sama angin malam cukup lemah. Badan kerempeng.

Dan, ada salah satu impian gue yaitu bisa liat Bima sakti atau Milky Way langsung, milky way yang bisa di lihat langsung tanpa embel-embel atau trik photography. Kabarnya ada salah satu tempat di Indonesia yang masih alami banget dan belum banyak polusi cahaya, di sana bisa ngeliat langsung milky way dengan mata telanjang. Kalo yang pernah nonton film Life Of Pi, nah di situ ada salah satu adegan yang nampilin milky way yang keren banget.
Amin, semoga terwujud.


Udah jam 1 dini hari nih, gue mau ke teras kostan dulu sambil liat bintang sambil dengerin lagu onerepublic juga... heuheu
merenung berkualitas, 

4 komentar:

  1. waktu gw ke Bandung gw pernah di ajak ke Caringin Tilu, pemandangan kaya dan pemandangan kaya foto "dimana bintang?" yang gw dapet

    BalasHapus
  2. Penikmat angkasa ya? *toss
    Tengkyu info polusi cahayanya, bru tau :)) brrti di bukit bintang bandung ga kliatan bintang ya?
    Kasihan si bintang, cahayanya baru bisa nyampe kebumi ribuan tahun, pas chayanya udh bs kita liat d bumi sbenernya kan bntangnya udh mati. Gegara polusi cahaya, jadinya ga tau kehadiran bintang itu sma skali

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, toss...
      dibukit bintang liat bintangnya di bawah, bukan di atas...

      Hapus