Minggu, 08 April 2012

Passion, Kombinasi Antara Kenikmatan, Makna dan Perasaan

Gue adalah tipe orang yang kurang suka saat berada dalam situasi perkenalan. iya, bukannya nggak mau atau nggak suka kenalan, maksudnya gue nggak suka ritual perkenalan dimana saat kita baru masuk ke suatu komunitas atau instansi baru yang mengharuskan untuk menyebutkan nama, tempat tinggal, tanggal lahir, hobi, anak siapa, makanan kesukaan, minuman kesukaan, terus pesan atau kata-kata mutiara. Sebenernya semuanya nggak masalah bagi gue buat di utarain satu-persatu. Cuma yang mengganjal bagi gue adalah saat gue harus menyebutkan hobi gue apa. Gue suka ganti-ganti hobi, pagi hobi sarapan siangan dikit suka makan siang, abis itu hobi tidur siang dan sorenya kadang-kadang gue hobi boker, nah kalo malam gue hobi begadang terus besoknya gue hobi bangun kesiangan, nah kalo bangun kesiangan gue suka telat ngampus dan gue harus bikin hobi baru yaitu nitip absen sama temen. nggak menentu banget hobi gue. Dan nggak mungkin juga saat perkenalan gue nyebutin hobi gue satu-persatu. pasti yang denger bakal bosen dan nimpukin gue pake rudal palestina.

Hobi sih penting banget, dari hobi kita bisa nemuin passion kita apa. Nah, gue pernah baca dimana gitu gue lupa, kalo ingin menjadi seorang ahli itu harus punya passion, passion itu dapetnya bisa dari hobi kita itu sendiri. ada yang bilang kalo passion itu adalah kombinasi antara kenikmatan, makna dan perasaan. Jadi jika kita ingin menjadi seorang ahli kita harus punya passion, nah passion itu katanya didapat setelah kita melewati 10.000 jam pertama. contoh gampangnya gini, misalnya seorang pelukis kerjaannya ngelukis tiap hari dan saat ngelukis dia menemukan kenikmatan dari karya lukisannya dan lukisannya berisi makna-makna yang dalam karena ngelukisnya pake perasaan dan semuanya terkombinasi. Kalo dia ngelakuin itu sampe ngelewatin 10.000 jam pertamanya berarti dia udah nemuin passionnya. dan apabila dia terus ngelakuin itu bukan nggak mungkin si pelukis itu bisa jadi orang yang ahli dibidang lukis melukis.


Yang jadi masalah, hobi gue aja nggak menentu dan suka gonta ganti, jadi gimana gue bisa nemuin passion dalam diri gue.Misalnya ni ya, gue memilih hobi untuk cium-ciumin cewek cantik di kampus gue contohnya si Anisa Cheriebelle. Oh ya, FYI si Ansia itu satu kampus sama gue di ITENAS jurusan Arsitek angkatan 2008 cuma jarang bgt ketemunya, ya namanya juga artesss (FYI ini sebenernya nggak penting juga). Tapi pilhan menghobikan hobi ini gue rasa nggak mungkin berjalan lancar, belum juga gue ngelewatin 10.000 jam pertama dan dapet ciuman pertama dari si Anisa, yang ada gue malah dikira cowok maniak dan langsung di keroyok babak belur sama insomNISA (Anisa Chibi Fans Club) seluruh Indonesia terus gue di gantung di jembatan pasopati kaya ikan asin tak berdaging. Tragis.

Ada seorang comic yang pernah gue liat waktu openmic di Bandung, kalo nggak salah namanya Luqman. Si Luqman ini ngomongin soal passion. Gue tertarik banget, soalnya pas dengan masalah yang gue hadapi yaitu kendala dalam menemukan cinta passion sejati. Ceritanya kira-kira begini. Gue bingung ya, ada emak-emak tua di Suka Bumi yang ahli memanipulasi ukuran kelamin pria. ya elu tau lah siapa si emak-emak yang gue maksud. Ia sudah di kategorikan sebagai yang ahli dalam memanipulasi ukuran alat vital . Gue nggak ngerti gimana si emak-emak ini menemukan passionnya. Gimana caranya si emak-emak ini melewati 10.000 jam pertamanya untuk memanipuasi ukuran 'anu' nya orang. Gue ngebayangin si emak ini saat bangun pagi, terus dia menerawang kelangit tiba-tiba dapet inspirasi dan mukjizat. si emak ini bilang gini :

"ieu aya proyek siga na mah, ieu bakal buming sigana mun di tekuni.
hayu jang, kadie jang, emak aya proyek alus jang !"

si emak ini nawarin proyek barunya kepada seorang pria, sebut saja si ujang. Nah katanya dari yang gue denger si emak ini kalo fokus, Konsentrasi panjang maka si anunya bakalan panjang, kalo konsentrasi keras anu nya bakal keras. Tapi karana si emak baru pertama ngelakuin jadi masih amatir dan si ujang jadi pasien pertamanya, si emak gerogi, pikirannya jadi kusut walhasil anunya si ujang jadi kusut, si ujang panik.
Besoknya si emak nyobain lagi ke si ujang, emak mulai konsentrasi bakal panjang, ujang masih waswas, gegara si ujang yang nggak rileks saat terapi tau-tau si emak pikirannya buntu. akhirnya anu  nya si ujang buntu. dia nggak bisa pipis.
Si emak nggak mau nyerah sampe disitu, si ujang tetap jadi kelinci percobaan walopun belum bisa pipis. emak coba lagi untu fokus dan konsentrasi panjang tapi tiba-tiba fikiran emak kemana-mana. makin tragis, anu nya si ujang jadi kemana-mana. yang lebih tragis lagi saat terapi si emak pikirannya pecah, anu si ujang pecah. terakhir gue tau si ujang masuk rumah sakit dan bentuk anu nya jadi abstrak tak terdefinisi.

ya, itu sih sedikit intermezo soal passion. Dan sampai postingan ini di terbitkan gue masih tetap berusaha menekuni hobi baru sebagai tukang upil sejati, dari yang gue baca di literaturnya Prof. Bischinger bahwasanya makan upil sendiri bermanfaat dan bisa jadi obat untuk kekebalan tubuh. Percaya nggak percaya sih. Tapi siapa tau kalo gue berhasil melewati 10.000 jam pertama ngemilin upil gue sendiri badan gue jadi kebal. mau di pukul, dibacok, di tembak di hina #eh tetep nggak mempan, soalnya gue sudah mengambil manfaat dari makan upil sebagai obat alami kekebalan tubuh seperti kata kata Prof. Bischinger.


Udah ah, gue makin ngelantur. emang tiap gue bikin postingan selalu ngelantur yak :D
isi postingan ini  80% Humor 20% Becanda, jadi ambil hikmahnya baik-baik ya sobat ! 

9 komentar:

  1. bwakakakak! anjrit ngakak gue yon!!! LOL =))

    BalasHapus
  2. Bahahaha. Postingan si Yono gak pernah beres nih.. >.< Hahaha

    BalasHapus
  3. ehh, jangan bilang Ujang itu ternyata kamu . . .
    haha

    BalasHapus
  4. hahahaha gue ngira nya bakal lempeng serius, taunyaaa XD

    BalasHapus
  5. ini kayaknya random though tapi nggak beres nih -,- *pikiran macam apa iniiiihhh???*

    BalasHapus
  6. beneran fcnya namanya insomNISA? omyon ketua fanbasenya yah? #abaikan

    BalasHapus
  7. lucu tapi lucu Om...
    ....
    kalo masalah ujang , udah pernah denger...

    BalasHapus
  8. masalah passion jadi buyar gara'' intermezo si ujang,jadi bayangin anu_nya si ujang -_-

    BalasHapus
  9. ngelantur. ini thesis statementnya apa, conclusionnya apa. tapi lucu banget.

    BalasHapus