Minggu, 24 Februari 2013

Trip To The Tramp #Part_4 (Habis)

Setelah euporia dan merasa sensasi alam yang sangat menyulut semangat di Pulau Sempu, kaya di cerita sebelumnya disini, disini juga, sama disini. Gue dan yang lainnya lanjut ke destinasi lainnya BROMO, di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger.

Jadi setelah dari pulau Sempu, gue bareng temen mau ngelanjutin perjalanan mengeksplor keindahan Indonesia selanjutnya. Rencananya ke Bromo, tapi sebelum itu kita mau mampir ke rumah kenalannya si Ogud buat ngelurusin badan sebentar, namanya mas Agil di desa Turen. Dari pantai Sendang Biru kita naik angkot seharga 15 ribu/orang + 5 ribu kalo nggak pake ngetem dengan lama perjalanan 2,5 jam, cabut. Tiba di desa Turen yang tenang sejuk dan bersahaja, masyarakatnya juga sangat ramah dan baik-baik, kita sampai di rumah Mas Agil jam 3 sore. Nggak nyangka mas Agil dan keluarganya baik nya kebangetan, kita sampe nggak enak sama semua jamuan yang di berikan sama mas Agil dan keluarganya. Diantara kita ber-5 cuma si Ogud yang kenal sama mas Agil itu pun juga cuma ketemu 2 kali waktu si Ogud dan band nya sama-sama manggung gitu. Darisini gue makin yakin kalo orang Indonesia itu baik-baik jadi gue nggak takut kalo kesasar selama masih di Indonesia.

Jadi kita di rumah mas Agil dikasih jamuan yang istimewa, makan minum semua dikasih, kita bisa hemat hehehe. Dari sini kita nyusun rencana buat bisa nyampe ke Bromo subuh supaya dapetin sensasi sunrise di sana yang katanya menakjubkan. Jadi kita memilah beberapa cara untuk bisa kesana, pertama kita rencana kesana dari tengah malem biar sampenya subuh dan ketemu sunrise. Masalahnya kalo kesana malam-malam banget dipastikan nggak ada angkutan. Akhirnya mas Agil yang baik hati menghubungi teman-temannya untuk nyari penyewaan Jeep yang biasa buat nganter wisatawan bisa sampe Bromo, tapi masalahnya lagi harganya nggak cocok sama kita. Dan beruntung bapaknya mas Agil punya temen yang punya Jeep yg mau di sewain dengan harga bersahabat, cocok. Tapi mas Agil kasihan sama kita karena keliatan capek sampe akhirnya dia nganter kita ke rumah dia satunya lagi buat kita bisa tidur, rumah itu kosong jadi bisa kita pake buat istirahat bentar.

Malemnya kita di ajak keliling-keliling liat-liat desa Turen yang bersahaja, asri, tenang dan warganya yang ramah-ramah. Ada suatu warung yang menurut gue spesial banget di desa Turen, Warung kopi biasa sih, tapi ada sebuah kopi yang spesial disitu. Kopi Coklat namanya di singkat jadi KOCOK (ini bisa-bisanya gue aja nuyingkat-nyingkat nya :p). Bagi pecinta kopi kaya gue ini termasuk jenis kopi yang syahdu banget. Kalo anak nongkrong disana, kalo mau pergi nongkrong gitu, gini percakapannya 
"mau kemana rek? | mau NGOCOK rek, sampean arep melu ora | iyo rek, aku melu NGOCOK yo heuheuheu" gitu, keren banget kan #Ngarang. 
Gue sampe nggak kepikiran kopi kok di kasih coklat, biasanya kopi di kasih luwak terus di berakin dan beraknya di sedu jadi kopi. Harganya juga kurang ajar banget cuma 1000 perak, gue yakin desa Turen pasti nggak kena imbas krisis moneter, buktinya apa-apa serba murah disini.
KOCOK, Kopi Coklat yang khas dari desa Turen - Malang
Oke udah malam, waktunya kita bersiap menuju Bromo, tapi mobil yang mau kita sewa tadi kata yang punya nggak kuat kalo ngangkut 6 orang penumpang, gardan nya udah aus. Ada pilihan lain temen bapaknya mas Agil punya kenalan lagi yang mobilnya bisa di pake tapi nggak perlu di bayar cuma modal solar doang, nah ini banget yang kita mau. hemat lagi hehe. Baiklah, kita berangkat dengan bekal secukupnya dan 'peghangat' seperlunya, maklum katanya di Bromo dinginnya banget-banget.

Untuk sampai ke Taman Nasional Bromo Tengger ada beberapa rute, salah satunya ngelewatin Probolinggo dan itu bisa ngabisin waktu 5-6 jam perjalanan dengan mobil, kalo jalan kaki pasti berhari-hari, yakali jlan kaki, lu aje sono !. Jadi karena kia dari Malang, desa Turen kita milih rute lewat Tumpang - Gubuklakah - Ngadas - Jemplang - Bromo. kalo ngambil rute ini biasanya cuma 1 atau 2 jam paling lama, walaupun kita nggak tau medan nya gimana. 1 jam perjalanan ternyata mobi mas Agil ngadat, kenapa ini? ah mungkin mesinnya kepanasan. Kita berhenti 15 menit lalu lajut jalan, tapi tetap mobilnya ngadat lagi. Setelah nelfon bapaknya mas Agil kita di suruh balik aja, mas Agil ngerasa nggak enak sama kita, tapi nggak papa, padahal kita yang ngerepotin kok mas :)

Jadi kita ubah rencananya, ke Bromonya besok aja. tapi kita mau di ajak Mas Agil melancong ke Kota Batu dan Malang dulu, terus malam nya kita baru ke Bromo buat ngejar sunrise. Oke, ini ide bagus banget, ibarat sambil menyelam minum air dikasih sirup coco pandan pake natadecoco sama ditambah eskrim vanila. cemerlang.

Besoknya sebelum berangkat kita disuruh sama ibu nya mas Agil buat makan dulu di rumahnya, ayo. geratisan lagi :p. Di perjallanan gue melewati tempat-tempat baru yang belum pernah gue daangi sebelumnya, nah tiba-tiba mobil mas Agil ngadat lagi kaya semalem, gawat. Keputusan selanjutnya kita tinggalin mobilnya di pinggir jalan lalu kita lanjut naik angkot. etapi itu mobilnya ditinggalin di pinggir jalan apa nggak papa? nggak papa kok, orang disini nggak suka nyuri heuheuheu...

Sampai di alun-alun kota Batu, keren banget menurut gue. jadi alun-alun disini tuh bersih banget kaya taman rekreasi gitu, gue kira masuk nya bayar taunya nggak sama sekali soalnya bagus banget. Turun dari angkot langsung nginjek alun-alu, sampe, nggak pake karcis nggak pake apa-apa. Di alun-alun kota Batu ini semacam tempat buat nunjukin identitas kota Batu nya itu sendiri, kaya macam Apel, Sapi dan susu murni semua di tonjolkan, ada air mancur yang nyemprot-nyemprot mendadak dari tanah gitu #norak, terus di tiap pojokan ada kandang merpati jadi berasa di luar negri yang banyak merpati yang hidup bebas.... di alun-alun ini juga ada bianglalal yang lumayan tinggi jadi bisa ngeliat kota Batu lebih jelas dari atas bianglala, sayangnya belum di buka jadi kita nggak bisa naik. nggak papa, keliling di alun-alun aja udah berasa nikmat buat gue, bersih, sejuk, asri dan terawat.
Sendal jepit is gaul beut 
Kliwon dan apel raksasa
Toiletnya (O_O)"
Jadi disini tuh yang gue liat warga nya sama-sama saling menjaga, fasilitas yang ada dibuat sama pemerintah setempat keliatan terawat banget, beda sama daerah-daerah lain yang gue liat misalnya kaya di Bandung, ada fasilitas baru di bangun besoknya di coret-coret nggak jelas sama orang-orang yang nggak bertanggung jawab. Kalo di sini nggak, gue nggak ngeliat coret-moret di fasiltas umum, bersih. nggak tau apa karena alun-alun ini masih baru, tapi nggak lah, warga di sini tuh baik-baik.

Di deket alun-alun kota Batu ada tempat nongkrong gitu, salah satunya tempat nongkrong yang ngejual ketan, ketan? biasa aja. Tapi ketan yang di jual disini nggak biasanya yang di jual kebanyakan, sampe-sampe tempat jual ketan ini banyak artis ibu kota yang mampir, kaya Krisdayanti, Yuni Sarah macem-macem lah.
Sebelum balik kita beli sedikit oleh-oleh dulu, katanya Kota Batu, Malang ini yang khas adalah Keripik buah, Keripik apel, Mangga, Nangka dll. kita beli !
Pos Ketan Legenda
Balik lagi menuju mobil mas Agil yang mogok di pinggir jalan, karena kita ber-5 sejatinya adalah anak IT dan mas Agil anak Band kami nggak ngerti soal mesin mobil. Untungnya ada mas-mas baik hati yang nyamperin kita yang lagi kebingungan, dia buka kap mobil mas Agil lalu mengocok-ngocok sebuah knop yang ada di antara mesin mobil mas Agil, terus ia kocok sampai knop itu jadi kencang, akhirnya mobil mas Agil nyala, Jadi ternyata masalahnya mobil mas Agil cuma masuk angin. hah? mobil bisa masuk angin?. Iya, jadi mobil berbahan bakar solar masalah yang sering terjadi adalah masuk angin, ah sudah lah. gue tetap nggak ngerti, yang penting mobilnya bisa jalan, Akhirnya kita baik ke desa Turen lagi.

Karena batas peminjaman mobil udah abis dan udah harus di kembalikan, kita gagal lagi ke Bromo. dan pilihan terakhir cuma ngerental motor. Untung temennya mas Agil ada yang mau ngerentalin motornya buat kita dengan harga bersahabat. Pagi-pagi setelah sarapan kita menuju Bromo, lagi-lagi sarapan yang di buatin ibu nya mas Agil, jadi makin nggak enak sama keluarganya mas Agil yang baik nya keterlaluan banget.

Jam 10 pagi kita berangkat pake 3 motor, rute yang di ambil itu lewat Malang dari desa Turen - lewat Tumpang - Gubuklakah - Ngadas - Jemplang - Bromo. cuma 2 Jam jalan santai nggak pake kebut-kebutan. Kira-kira udah nyampe di daerah Gubuklakah - Ngadas jalanannya menyeramkan banget, kiri kanan jurang terjal, tikungan seperti hurup S yang di bawahnya jurang yang curam, jadi kalo salah belok dikit bisa masuk jurang. Jadi ini hikmahnya kita mau ke Bromo malem-malem naik mobil selalu gagal, Usut-punya usut, ternyata Bapak nya mas Agil sebenernya dalem hati was-was ngijinin kita ke Bromo malem-malem, salnya dia tau rute di sana itu gimana, jalanan sepi baget dan bahaya, suka banyak bajing loncat juga katanya, mungkin hai nggak ngijinin tiap kali mau kesana kita pasti gagal. Allhamdulillah ternyata kita masih di lindungi, naik motor siang-siang menuju Bromo Tengger jadi pilihan yang tepat untuk kami.
Motor Komeng jawara di medan berpasir 
Sampai di daerh Jempang jalannya beda lagi, kiri dan kanan jalan masih jurang tapi indah banget, perkebunan sayur, berasa masuk ke dalam game harvest moon atau farmvile. indah banget dan nyata banget. Di sini kita papasan sama warga suku Tengger, dia bilang "raiso lewat mas, adha pohon guede bgt tumbhang" pake logat jawa. Pohon tumbang ? gawat, gimana kita mau sampe. Tapi setelah sampe ke lokasi tempat pohon tumbang itu dah rame di kerubuti suku Tengger, pohonnya gede banget, mustahil bisa di lewati, kita udah was-was aja. Yang namanya suku Tengger itu orangnya ramah-ramah, begitu kata mas Agil. Motor kita di angkat rame-rame sama suku Tengger, gila. Akhirnya kita bisa ngelanjutin perjalanan. terimakasih mas-mas suku Tengger.

Perjalanan dikit lagi sampe, dari kejauhan udah keliatan sama apa yang kita mau tuju. "Bukit Teletubbies" ini bukit yang gue liat di tipi itu? subahannallah sekali, ini keren banget, berasa pingin guling-guling di bukit ini.

Selanjutnya nggak ada kata-kata yang bisa menggambarkan keindahan Indonesia. keren banget men !
Bukit Teletubbies
Rencana awal, kita pengen kamping di Bukit Teletubbies. kaya poto di atas, tapi rencana tinggal rencana. tenda kita kan hilang di Pulau Sempu kemarin, jadi ya cuma bisa guling-gulingan di bukit Teletubbies nya aja, nggak papa~

Bukit Teletubbies

ini dia Mas Agil, yang baik nya keterlaluan banget


kalo nggak salah namanya Kuil Hidu Poten - Bromo
Tangga menuju puncak Bromo
Kuil Hindu Poten diihat dari atas
Kliwon, mencoba menggenggam Gunun Batok

Gunung Batok yang kokoh
haeee~~(.__.)/
say Hello.....


senyum kedinginan
kawah Bromo


Pengalaman di perjalanan bersama teman-teman ini menjadi suatu yag sangat berharga dan indah buat gue. Dede, Bli, Kliwon, Ogud dan Mas Agil tentunya. terimakasih teman-teman.

Indonesia keren banget, tapi ini cuma sebagian kecil dari keindahan itu, alam yang menakjubkan, warganya yang menyenangkan baik dan bersahaja. semuanya keren banget.

Pengalaman ini nggak cuma jadi bahan cerita buat anak cucu gue, tapi bakal gue ajak merasakan pengalama ini kelak nantinya. supaya semuanya nggak cuma jadi cerita, tapi jadi rasa. rasa cinta buat Indonesia.

Cerita ini cuma sebagian kecil tentang Indonesia, masih banyak cerita-cerita lain di luar sana. ada banyak list destinasi yang bakal gue tuju. nantikan :)

sampai jumpa di Trip To The Tramp selanjutnya. 

I Love Indonesia

8 komentar:

  1. wahh om yono kerjaannya travel muluk. kapan travel ke daerah jogja? cari lokasi yg lbh ekstrim :D

    BalasHapus
  2. iya pasti, Jogja juga akan saya jamahahahaha :D

    BalasHapus
  3. Yon, gue cuma lihat fotonya aja ya..
    nggak mau komentar banyak-banyak. Penegn gue banting nih laptop lihat foto elu.

    BalasHapus
  4. bener yon,selagi masih ada di Indonesia ga perlu takut nyasar ya. kalo liat bukit teletubiesnya mirip sama ladang lavender yang mau ke mahameru di film 5cm, ah sayang banget lo ga nyoba semaleman disitu..

    BalasHapus
  5. iya, gara-gara tenda kita ilang non, suatu saat gue pengen balik lagi ke situ dan kamping semalam. insyaAllah

    BalasHapus
  6. pemandangannya indah yon. ganteng2 lagi

    BalasHapus
  7. Pengen nyoba kopi kocoknya,,
    heheee

    BalasHapus