Jumat, 08 Februari 2013

Trip To The Tramp #Part_3

Ada baiknya baca dulu Trip To The Tramp Part 1 dan Trip To The Tramp Part 2 biar afdol :)

pose terdampar sambil planking
Destinasi kita selanjutnya adalah Pulau Sempu, Sempu itu kepanjangan dari Sempuuuurnaaa, heheh, ini bisa-bisanya gue aja kok~
Tapi beneran sempurna, pulau ini tuh keren banget, nggak ada populasi manusia di dalamnya, yang mendominasi adalah populasi monyet, ada juga macan tutul dan binatang buas lainnya. Ada sih manusia, paling ya cuma para peneliti dan pemerhati lingkungan sama petualang kaya kita yang dateng kesini, dan masih nggak banyak orang tau. Pulaunya eksotis, terpencil, no polusi, no polisi. Jadi bebas lo mau ngapain aja di pulau ini, tapi ya harus dalam batas-batas dan norma yang berlaku dan jangan songong dan takabur.

Jadi Sempu itu adalah...

Pulau Sempu, adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dalam wilayah Kabupaten MalangJawa Timur. Saat ini Sempu merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Dalam pulau ini nyaris tidak ditemukan mata air payau.
Secara geografis, Pulau Sempu terletak di antara 112° 40′ 45″ - 112° 42′ 45″ bujur timur dan 8° 27′ 24″ - 8° 24′ 54″ lintang selatan. Pulau itu memiliki luas sekitar 877 hektar, berbatasan dengan Selat Sempu (Sendang Biru) dan dikepung Samudera Hindia di sisi selatan, Timur dan Barat. (sumber- wikipedia )

Oke, Bang Zafran udah siap !!!

liar carrier Kliwon paling gede ukuran 100 liter :D

Jam 5 pagi gue sama Dede, Bli Andi, Ivan Kliwon dan Ogud udah sampe di Pantai Sendang Biru, tempat menyebrang menuju pulau Sempu, nyebrangnya juga musti numpang kapal nelayan, tarifnya Rp.100.000,-. batas maksimal kapal nelayan cuma 10 orang, jadi kalo ber-10 jadi lebih murah. kapal nelayan yang di sewa juga bakal jemput kita kalo kita udah mau balik, jadi kita musti nyimpen nomer bapak nelayannya biar bisa ngabarin kalo kita udah mau balik. Nah, kalo mau camping atau masuk ke pulau Sempu musti minta izin dan dengerin pengarahan petugas BKSDA setempat, soalnya pulau ini tuh kawasan cagar alam, jadi bukan buat tujuan wisata. setelah dengar pengarahan dan mengantongi surat izin masuk ke pulau Sempu kita siap-siap perlengkapan, beli perbekalan makan dan minum buat bertahan hidup 1 hari 1 malam disana.
Amunisi semua udah siap, Tenda, indomie, minum, kopi, rokok, sleepingbag, tahu, tempe, apa lagi ya? pokoknya yang penting-penting udah. kita siap berpetualang.
Oh iya, alas kaki kita juga udah siap, pake sendal wiro sableng merk ei*ger yang katanya comfortable buat trek jalan berlumpur, akar pohon, karang dan bebatuan, catet !
Kliwon, senyum pepsoden dulu sebelum ke Sempu :D

Majuuuuuu...!!!
Bapak nelayan yang kapalnya kita sewa buat ke Sempu

Siap-siap dan nggak lupa berdoa dulu biar afdol, kita naik ke perahu nelayan yang kita sewa. belum masuk ke pulaunya aja kita udah di suguhin pemandangan yang keren banget, subahannallah, ini Indonesia men!!!
inget saat pengarahan petugas PKSDA tadi bilang rute menuju pantai Segara Anakan itu sejauh 2,4 Km normalnya menempuh perjalanan paling lama 2,5 jam, (dalam hati, ah gampang...!!) trek nya luar biasa sulit dan berbahaya (dalam hati, ah nakut-nakutin aja nih bapak :p) untuk yang belum tau rute wajib menggunakan tour guide dan menyewa sepatu khusus untuk trek yang berlumpur (dalam hati, ah si bapak, kita udah biasa kok jalan di trek yang lebih sulit dan nggak perlu guide segala, kita pake insting aja). gue takabur. Astaghfirullah.

Menginjakan kaki di Pulau Sempu, di pintu masuk menuju Segara Anakan,
Jeng jeng jeng..... terdengar sayup-sayup backsound lagu Guns N' Roses - Welcome To The Jungle. Ini hutan rimba belantara, ini lah yang namanya petualangan, inilah yang namanya Trip To The Tramp. kita jalan kaki, 10 meter pertama jalan mulus seterusnya lumpur sedalam lutut orang dewasa bahkan lebih, akar pohon yang tajam, pohon besar yang tumbang, tanjakan terjal, turunan curam, dan batu karang tajam. Ampoooon.

di perjalanan awal kita sama-sama saling bantu, saling semangatin, ketawa-ketiwi. Badan mulai basah kuyup gara-gara keringat baru setengah jam jalan udah kerasa banget capek, kita udah mulai banyak ngeluh, yang paling kerasa banyak ngeluh gue denger si Bli ama si Ogut, si Kliwon beda lagi gue liat dia cuma bisa nyebutin satu kata "kalem" apa-apa dia bilang kalem, nggak heran mereka bertiga sering ketinggalan di belakang, sebenernya sih gue juga banyak keluhan cuma dalam hati aja, soalnya menurut gue banyak ngoceh banyak ngeluh bikin gue emosian dan bikin makin capek.
Di pejalanan kita tukeran carrier yang paling berat punya si Kliwon, isi nya kompor, air, beras, minyak tanah, pokoknya yang berat-berat. Mungkin gara-gara trik packing nya yang emang salah jadi bikin jalan nggak seimbang dan beberapa kali gue jatuh masuk lumpur, begitu juga si Dede, pas bawa carrier si Kliwon dia bilang hampir mati hahaa...
Di situasi ke begini kita emang musti saling bantu, tenda yang kita bawa juga lumayan berat, frame tenda nya dari besi jadi makin bikin berat. kita bawanya juga gantian. Musibah datang, di tengah perjalanan kita istirahat sekalian buat tukeran bawaan dan gantian bawa tenda, mungkin di situ kita sama-sama lupa, jadilah Tenda itu ketinggalan dan HILANG. ya, tenda kita hilang. itu baru kita sadari pas udah nyampe ke Segara Anakan.

Di perjalanan kita juga sering papasan sama kelompok yang dari kemaren udah camping dan mau balik, kita saling tegur sapa dan ngasih semangat walaupun kita nggak kenal. Kita ketemu orang dari berbagai macam daerah, dari Jakarta, Semarang, Surabaya, Sumatra, bahkan dari Papua juga ada. dan kebetulannya lagi kita ketemu sama anak dari Bandung juga, dan dari kampus yang sama juga, Anak ITENAS teknik lingkungan, kita tanyain berapa lama lagi nih nyampenya, "ah paling setengah jam lagi kok hehehe..." dan bohong banget, 2 jam kita jalan tetep belum nyampe -_-"
ini sih penampakan pas mau balik, masih lebih bersih daripada saat berangkat. pake sepatu ajaib.
kuku jempol si Ogud sampe copot !
Ada juga mbak-mbak dari Semarang yang papasan sama kita dan kita ngobrol-ngobrol sedikit, kita tanyain treknya ada yang bagus nggak? berapa lama lagi sampe nya? keadaan disana gimana?. si mbaknya malah ngasih jawaban yang bikin kita sedikit down, dia bilang "trek di depan bakal lebih parah dari ini, bisa 2-3 jam lagi buat sampe, semalem kita kena musibah, ada hujan badai di Segara Anakan tadi malem tenda kita pada rubuh, kita nggak bisa tidur, kalian musti pake sepatu kaya yang saya pakai ini biar jalan kalian lebih cepat dan nggak kepeleset
Si Mbak ini cerita degan sangat dramatis, kita cuma bisa melongok. tapi kita nggak gentar denger cerita si mbak ini, paling cuma nakut-nakutin.

karena tiga orang dari kami Bli, Ogud sama Kliwon jalannya paling lambat, gue sama si dede tetep mutusin jalan terus. Bukannya egois atau apa, tapi kalo kita terus saling tunggu-tungguan rasanya  sampenya bakal lama.

3 jam lebih perjalanan bener-bener nguras tenaga, dan sendal wiro sableng merk ei*ger yang kita pake berlima yang katanya comfortable buat trek jalan berlumpur, akar pohon, karang dan bebatuan semuanya pada putus. Kita lanjut jalan tanpa alas kaki, dan jadilah telapak kaki kita pada bolong dan luka-luka karena tertusuk akar pohon dan batu karang.

dari kejauhan, kira-kira 300 m gue udah dengar sayup-sayup suara ombak, gue makin semangat. gue sama si dede berada di depan, Bli, Kliwon sama Ogud udah ketinggalan jauh. suara teriakan kita buat manggil mereka juga udah nggak kedengeran di telinga mereka.
Jungkir balik, salto, kayang, guling-guling buat menuju tempat ini, peluh, kesah, pegel-pegel akhirnya gue sama dede sampe. perjalanan yang kita lalui jadi 4,5 jam. lebih lama 2 jam dari yang di bilang petugas BKSDA tadi, soalnya kita nggak pake sepatu khusus yang udah disaranin petugas.

Jadi, inilah rute masuk ke pulau Sempu dan menuju Segara Anakan :
Jadi pas gue ke Sempu kemarin terakam dalam Google earth,
musti jungkir balik dan mandi keringat buat sampe ke Segara Anakan
Haah, apa yang gue liat pas sudah nyampe, ini kaya surga men ! nggak lebay gue seriusan ! kaya lo ngeliat lukisan pemandangan yang indah, tapi ini lukisannya nyata, dan bisa lo rasain langsung, ini lukisan tuhan men! semacam private beach gitu. terpencil dan indah banget. Kalo lo pernah nonton film The Beach nya leonardo Dicaprio, nah. semacam itulah kira-kira, cuma bedanya kita nggak nemu ladang ganja kaya di filmnya disini :p . Mata gue berkaca-kaca kalo inget perjuangan menuju kesini, dan di tebus sama pemandangan begini. Langsung gue sama dede nyebur ke pantai nya. bersihin badan yang penuh lumpur, ini air asin paling segar yang pernah gue rasain. syahdu!
Sujud syukur, tapi lupa pake sarung :p
Udah 1 jam lebih gue sama dede berenag-renang di Segara Anakan kaya ikan gabus tapi temen gue ber-3 Bli, Kliwon sama Ogud belum nyampe-nyampe juga. Gue sama Dede udah khawatir takut mereka kenapa-napa, si Dede mutusin nyusul mereka, gue di tinggal sendirian buat jagain tas. tapi 15 menit kemudian gue juga makin khawatir akhirnya gue ikutan nyusul. akhirnya ketemu juga sama si Kliwon, Bli dan Ogud, mereka nggak kurang satu apapun, mereka selamat cuma mereka tambah dekil aja, badan penuh lumpur, udah kaya abis kecebur di kolam coklat. akhirnya gue tolongin gantian mereka bawain tas nya, udah kecapean hampir mati. jadi Kliwon, Bli sama Ogud ngabisin waktu 6,5 jam buat sampe. Ampoooon~

Kita ber-5 udah nyampe, disinilah kita baru nyadar kalo tenda kita hilang di tengah jalan. Kita pasrah dan tetap ceria :)
Jangan liat keteknya....!!!
jiaaah, dibilangin jangan liat keteknya...!!!!

ehmmm...

ciaaaath~
bang nggak ganteng

Akhirnya beberapa kelompok mulai berdatangan ke Segara Anakan buat camping juga, dari kelompok itu terselip satu orang yang berotot sempurna hasil bentukan alam, namanya Pak Miskan. Kita ngobrol-ngobrol sama dia, dia seorang tour guide yang nganterin orang atau bisa juga jadi porter buat ngangkatin barang. Kita minta tolong sama dia kalo di perjalanan balik nemuin tenda kita yang hilang supaya di bawain buat kita. "iya, nanti saya pasti balik lagi kalo ketemu tendanya" pak Miskan tegas berjanji pada kita, sekalian juga kita nyewa sepatu khusus buat balik, soalnya sendal wiro sableng kita pada putus. Tapi ya harga sewa jadi lebih mahal, yang awalnya cuma 1o ribu perak jadi 25 ribu di tambah 50 ribu buat ongkos jalan anternya, ya mau nggak mau, daripada kaki kita makin bolong ketusuk batu karang.
Senja mulai datang, tapi pak Miskan nggak datang-datang, fix, tenda kita nggak di ketemuin, Pasrah tapi tetap ceria :)
Kita terus usaha bikin tenda seadanya pake ponco dan sisa tali rafia di sekitar, tapi nggak jadi-jadi soalnya angin di sini kenceng banget, tenda belum bediri udah roboh ketiup angin. nggak papa, kita tetap struggle dan percaya kalo alam bersahabat dengan kami. Amin,

Musibah datang lagi, kita nggak punya tenda, dan malah hujan. sempurna....!!!
kita panik, dan kelompok lain juga panik. kita selamatin barang-barang kita supaya nggak basah kehujanan, tapi kelompok camping yang lain yang peralatannya lebih lengkap malah ikutan minta bantuan kita buat ngelindungin barang nya pake ponco kita. Kita yang kena musibah tapi masih tetap bisa nolong orang, kita emang mulia. tuhan memberkati kita. Hujan berhenti, kita lanjut main di pantai dengan gembira.
mancing maniaaaa mantaaaaph, mancing ikan buat makan malem tapi nggak dapet-dapet
Masak aer, bikin kopi. dan ngopi di pinggir pantai. ini kopi paling nikmat yang pernah gue minum, nikmat karena suasana Pulau Sempu. Terus perut laper, kita mulai masak nasi, indomie, goreng tempe, sama tahu, sederhana tapi nikmat tak terhingga, emang bumbu paling enak itu adalah lapar.

Jam 8 malam waktu pulau sempu, gue lihat ke langit ada bintang, allhamdulillah ada bintang semoga nggak hujan lagi. Si Bli iseng main ke pantai malem-malem dia bawa senter terus nekan tombol yang bikin lampu jadi kedip-kedip gitu,  senter si Bli di bales kedip-kedip dari tengah hutan, kirain setan, taunya ada kelompok regu lain ngasih sinyal, anak Jogja. Gila, malem-malem bisa menembus hutan dengan trek mengerikan seperti itu, salut. dan makin salut lagi karena ada 1 orang perempuan, cakep lagi, serius :p Kita bantuin mereka nuntun jalan, soalnya kalo jalan udah dekat ke Segara anakan adalah trek paling mengerikan, pijakan kaki cuma setapak dan di kanan itu jurang, kalo salah injek ya nyemplung ke Samudra Hindia. Lagi-lagi kami masih bisa bantuin orang walaupun kita sendiri nggak tau musti tidur dimana nanti malem :)

Modal tidur cuma matras dan sleeping bag di bawa pohon, kita kelilingi dengan nyala lilin biar romantis dan taburan garam biar nggak ada binatang buas yang mendekat. sebelum tidur kita inisiatif bikin api unggun, grup camping di Segara Anakan kira-kira ada 7 grup tapi grup kita paling heboh dan paling riang gembira, wuahahaha...
Api unggun mati kita tidur, sebenernya api unggun nya mati karena nggak bisa nyala soalnya kayunya basah gegara ujan tadi :p Ya udah, kita capcus tidur di bawa pohon dengan ditemani desiran deru ombak Samudra Hindia dan lolongan macan tutul sama teriakan monyet, itu syahdu banget men!
Jadi kita tidurnya disini, syukuri lah~
Musibah nggak cuma disitu, Jam 3 subuh mendadak ada berasa yang basah-basah, ternyata hujan lagi men ! kita panik pontang-panting nyari tempat neduh. Ngarepnya sih anak Jogja yang kita tolongin semalem baik hati ngasih tempat di tendanya buat kita gabung tidur disitu, bareng cewek cakep tadi :p tapi mereka nggak ngerespon, padahal saat kita panik kita teriak-teriak jam 3 pagi, mereka tetep diem dalam tenda. hih. Tapi untung di pojokan Segara Anakan ada semacam tebing yang mirip goa, kita tidur di situ sampe pagi, tidur di goa udah kaya manusia purba tapi seru, heuheu :p
Pagi nya kita bangun, di bangunin sih tepatnya. dibangunin sama anak Jogja yang tadi, mereka teriak-teriak, "mas-mas, bangun ! itu makanannya di colong monyet" Habis !. Musibah lagi, makanan kita habis, Indomie, beras, energen, kecap sama sambel terasi ABC semuanya di culik sama monyet, untung si monyet nggak suka ngopi, Kopi kita selamat. tapi kita tetap struggle dan ceria, hip hip huraaaa...!!!
Kelompok dari Jogja tadi mungkin nggak sampai hati ngeliat kita terus di siksa oleh keadaan, akhirnya mereka baik hati ngasih sarapan, satu kantong keresek indomie dan abon. Allhamdulillah kita ketemu orang baik :)

Oh iya, di pojok Segara Anakan ada kaya tebing gitu, kalo kita manjat tebingnya dikit kita bakal bisa ngeliat laut lepas, Samudra Hindia yang ombaknya serem banget. Gue ceritain dikit, Segara Anakan itu kaya sebuah danau tapi mirip pantai, pasir putih dan airnya asin, Danau kenapa airnya asin? soalnya air di Segara Anakan itu sumbernya dari sebuah tebing yang bolong kaya goa gitu, dari Samudra Hindia bertiup angin kenceng yang buat air laut masuk, jadilah seperti itu. Cool !
air dari samudra hindia masuk dari lobang itu, dan jadilah telaga/danau segara anakan, begitu
mas Bli, nggak kalah kaya di kampung nya Bli di Bali

berdiri di belakang samudra hindia, jadi merasa kecil dan butiran debu, sungguh~

apa lo liat liat hah?
Oke, Jam 10, perjanjian kita dengan pak Miskan buat bawa sepatu ajaib, Pak Miskan dateng dan kita tanyain soal tenda, katanya nggak ketemu, dia juga nanyain sama orang-orang yg papasan dan petugas BKSDA lain katanya nggak ada. Sudahlah,

Pak Miskan juga nawarin buat jadi porter kita, ngangkatin carrier yang paling berat, ya udah kesempatan, kita isi carrier si Kliwon dengan benda yang pailing berat, gue kira kalo di timbang itu carrier beratnya lebih dari 100 Kg, berat bgt, Tapi Pak Miskan nggak keberatan sama sekali dan nggak ada keluhan sama sekali, dialah Samson dari pulau Sempu. Dengan Sepatu Ajaib dan tuntunan pak Miskan kita berhasil keluar dari Sempu dengan cuma memakan waktu 1,5 jam saja ! dahsyat, kemaren bisa 6 jam lebih, sepatu yang di bawa pak Miskan emang ajaib. dengan sepatu itu tumpuan kaki kita jadi kuat dan nggak mudah terperosok dalam lumpur. 500 meter sebelum sampai di pantai buat nyebrang, Hp pak miskan dapet sinyal, dia langsung nelfon kapal yang kemaren kita tumpangin. dia bener-bener profesional sebagai seorang guide. terimakasih pak Miskan :*
Kata pak miskan, kalo dateng ke Sempu emang jalannya susah gini, kalo mau trek nya agak ringan datanglah pada kisaran bulan Juni sampai Oktober soalnya nggak lagi musim hujan, cuma pemandangannya nggak sebagus dan se-hijau di musim hujan, pohon-pohon daunnya menguning dan berguguran jadi kurang asik dipandang, dan monyet-monyet disini makin liar soalnya makanan mereka di hutan menipis. begitu katanya.
gue sama pak Miskan yang punya otot kawat tulang besi yang terbentuk oleh alam
kliwon lagi pencitraan bawa carrier gede, padahal yang bawa pak Miskan
gue jg nggak mau kalah, pencitraan juga.
Jadi buat kalian yang baca cerita ini dan minat datang ke Sempu gue saranin buat milih pak Miskan sebagai guide kalian, orangnya ramah dan bersahaja. sip banget pokoknya. Sama satu lagi, kalo ke Sempu musti ikhlas dan jangan mengeluh, terus juga jangan takabur kaya gue hehehe... Yang penting juga adalah menjaga keasrian pulau Sempu, jangan buang sampah sembarangan, usahakan bawa kantong pelastik yang gede buat tempat sampah buangnya pas kita udah nyebrang, Musti! jangan ngerusak alam Sempu, alam Indonesia ! ngerti ! Yang berani ngerusak Indonesia, Ribut sama gue...!!! ngomong doang

nih juga ada sedikit cerita fersi video nya, cekibrot dulu dong...!!!

oh iya, kalo mau lihat potret yg lebih keren di blog nya si bro yg ini aja, disini. jepretannya di pulau sempu syahdu bgt~

Perjalanan ini belum berhenti, kita masih bakal lanjut berpetualang, menuju BROMO...
sebelum ke Bromo kita punya kenelan, temennya si Ogud yang ada di desa Turen, kita bakal transit disana,

Mau tau cerita selanjutnya? Bersahajanya desa Turen, Keasrian Kota Batu, keramahan warga Tengger dan indahnya Bromo, tungguin cerita selanjutnya, besok atau lusa bakal gue lanjutin lagi Oke :))
pantengin terus Kabar Om Yono :)

Salam ransel, ceilaaah sok sok salam ransel :p