Rabu, 06 Februari 2013

Trip To The Tramp #Part_2

sebelum lanjut, udah baca yang ini belum? Trip To The Tramp Part 1 

Lanjut.......!!!

Sampai di Stasiun Gubeng, Surabaya jam 1 dini hari. temen gue si Dede jenius banget. dia nelfon bokapnya buat minta tolong temen bokapnya di Surabaya yang bisa kita mintain tolong. Diutuslah sesosok sopir temen bokapnya untuk mengantar kita ke destinasi selanjutnya. Namanya Pak Rudi, (bacanya "Rhu-dhi" dengan logat Jawa ngapak).
Pak Rudi asli Surabaya, logatnya Jawa banget jadi kalo kita komunikasi harus mikir sejenak buat mencerna apa yang dia omongin, bahasanya campur-campur soalnya.  tapi pak Rrudi orangnya baik banget.

dari Stasiun Gubeng kita minta pak Rudi nganter kita cari makan, kita udah pada kelaperan. Jam 1 dini hari tempat makan emang susah buat di cari. Pak Rudi nyaranin kita buat makan di McD yang buka 24 jam, ya elah pak bosen, di Bandung juga ada, kita mau nyari makanan yang khas Surabaya *padahal cuma alesan, soalnya uang saku kita seadanya*. Dan diantarlah kita makan Soto Madura, menu khas Surabaya. Bentar, soto Madura khas Surabaya bukan? ya pokoknya bukan makan batagor, cireng atau baso tahu, itu Bandung banget. kita bosen. Kita lagi ada di Surabaya dan emang musti makan makanan yang sering di makan orang surabaya dong.

Ternyata pak Rudi memberhentikan kita di tempat makan yang tepat, di Jl. Pahlawan tepat di depan Tugu Pahlawan dan Museum 10 November Surabaya. Tau kan kalo Surabaya adalah kota pahlawan, disini gue merasa aura-aura pahlawan kerasa banget, serius.
Udah di surabaya emang musti mampir ke museum, soalnya ini kota pahlawan kan?




Beres makan kita langsung menyambangi Musium, ini destinasi tak terduga pertama yang kita sambangi di Surabaya. Jadi ini judulnya semacam wisata malam sedikit mistis, soalnya kata mas-mas penjaganya sebelum kita izin masuk dia bilang "selamat beruji nyali" dan benar aja, ternyata di dalem banyak kuburan dan beberapa kali bulu kuduk gue merinding secara mendadak. Tempat ini keren banget buat gue, didalemnya kaya ada miniatur patung Proklamator kita Bung Karno sama Bung Hata, dari sini gue mulai merinding, jadi berasa masuk jaman perang soalnya konsep dari tempat ini di bikin jadi kaya beneran kerasa jaman dulu, menurut gue sih. mungkin karena kita datengnya malem jadi ya berasa gitu.

Hormat grak !

horeee horeee horeee.... 
Sama satu lagi, disini ada mobil yang pernah dipake sama idola gue, Bung Tomo. mobilnya model jadul kaya mobil mr Bean gitu, keren banget. mumpung ketemu sama mobil Bung Tomo ya musti poto-poto dulu.
Mr. Tomo, akhirnya kita ketemu bersama mobilmu
kita jamah setiap sudut di lingkungan museum 10 nepember ini. ada sedikit liputan sotoy kita disini, cekibrot yee....

Nah, setelah puas hilir mudik malem-malem di pemakaman kita lanjut jalan, Pak Rudi yang jadi pahlawan kita. tujuan kita adalah sebuah daerah di selatan Malang. Pantai Sendang Biru, dan dari Sendang Biru kita mau menyebrang kesebuah pulau indah nan eksotis, Pulau Sempu !

Sebenarnya Pak Rudi nggak tau rute menuju kesana, soalnya ini tempat lumayan terpencil, cuma modal tanya kanan-kiri. kaya kata pepatah malu bertanya jalan-jalan tak tentu arah.
Perjalanan menuju Pantai Sendang Biru itu normalnya 3-4 jam. Pak Rudi gue yakinin dia adalah keturunan Michael Schumacher, nyopirnya edan, jalan berbelok, tanjakan, turunan, lurus , bergelombang dan datar semua dia tebas dengan kecepatan penuh. Niatnya perjalanan 3-4 jam itu pengin di pake buat tidur tapi malah nggak bisa, bawaan was-was dengan cara bawa mobilnya pak Rudi, edan.
Buat sampe ke Sendang Biru kita lewatin Tol Porong, gue liat disitu ada bendungan setinggi ruko 4 lantai. tinggi banget, teryata itu tanggul buat nahan lumpur lapindo, serem banget. Di sektar tanggul kita bakal ngerasain aroma belerang hasil keluaran dari lumpur lapindo, lumayan bau, bau jengkol.

Sampai di Sendang Biru jam 5 pagi, dan kita terima kasih sama pak Rudi yang udah mau nganterin tanpa di bayar hahaha...


Bang Zafran mau siap-siap dulu~
Di Sendang Biru sudah ada beberapa tenda anak-anak yang mungkin mau siap-siap buat nyebrang menuju pulau sempu juga. Kita juga mau menyempurnakan perlengkapan kita. Beli perbekalan, tahu, tempe, minyak goreng, minyak tanah, mie instan dan air mineral. Di pulau sempu nggak ada yang jualan sama sekali, gimana mau jualan, orang yang tinggal disana aja nggak ada. populasi monyet mendominasi disana.
Pulau Sempu adalah pula terpencil di selatan Malang, tak berpenghuni, no polusi no polisi, Bebas...!!!
Pulau sempu ini sebenarnya tidak diperuntukan untuk tujuan wisata, tapi jadi tempat penelitian, konservasi dan tujuan pencinta alam lainnya, begitu kata petugas BKSDA setempat. Sebelum masuk ke Pulau Sempu kita wajib mengantongi surat izin dari petugas BKSDA.

Pulau Sempu, indah, eksotis, terpencil, no polusi, no polisi.......bla bla bla... ceritanya gue lanjutin lagi besok ye... :p
bakal ada keseruan, keindahan, keajaiban, kesialan, musibah, halangan dan cobaan~

Kalo Penasaran, pantengin aja terus Kabar Om Yono. :p

4 komentar:

  1. Yon,,, di musium pun masih sempet planking. Depan mobil Bung Tomo lagi ( .____.)9

    BalasHapus
  2. kalimat ini -> Tau kan kalo Surabaya adalah kota pahlawan, disini gue merasa aura-aura pahlawan kerasa banget, serius.
    beneran kerasa ya?

    BalasHapus
  3. Post foto bendungannya, dong. Penasaran...

    BalasHapus
  4. itu foto musti terkapar gitu ya ngeksisnya? absurd banget broh hahaha

    BalasHapus