Rabu, 01 Juni 2011

ngomongin sang idola "Efek Rumah Kaca"

Ngomong-ngomong sang musisi idola, musisi idola elu siapa? 
Kalo gue sih punya banyak idola, salah satunya Efek Rumah Kaca. 

Band yang digawangi Cholil Mahmud (vokal, gitar), Adrian Yunan Faisal (vokal latar, bass), Akbar Bagus Sudibyo (drum, vokal latar). Dalam perjalanan karirnya ERK  sudah merilis 2 buah album, yang pertama yaitu Efek Rumah Kaca pada tahun 2007 dan Kamar Gelap pada tahun 2008.

kalo ngomongin ERK, menurut gue sebagai orang yang ngidolain mereka ga ada abisnya, banyak hal yang bisa di ceritain dari band yang satu ini. mungkin kalo di ceritain dalam blog ini harus nyambung beberapa part, tapi ok lah, gue mau cerita beberapa garis besar dan lumayan menarik buat di angkat dari ERK.

alasan kenapa gue suka banget sama ERK adalah Band ini menawarkan sesuatu yang berbeda. Lagu-lagunya membahas bukan hanya masalah cinta. Dari masalah gay, polusi, pemanasan global, hingga tentang perjuangan aktivis. Dan gue mungkin melihat sebuah idealisme either bermusik ataupun dalam cara pandang mereka terhadap kondisi sosial yang ada. Dan itu nggak ada dalam grup-grup band pendatang baru dengan gaya emo-emoan dan punya poni yang bisa di empar kiri dan kanan , atau grup band yang sudah kebingungan cari nama band hingga alat-alat buat puntung rokok juga dipake.

soal personilnya

Cholil Mahmud 

Cholil
Vokalis luar biasa yang punya suara entah berapa oktaf (tinggi banget soalnya), pembawaan kalem saat di atas panggung, pas banget sama lagu-lagu yang di bawain. punya idealisme tinggi, terlihat dari lagu-lagu yang di ciptainnya luar biasa, kalo main gitar gue senddiri gk ngerti dia pake kort jenis apa, pernah waktu menyaksikan dia main di PVJ akustikan, gue duduk cukup di depan. saat bang Cholil main gitar sambil nyanyi itu benar-benar seperti nyanyi buat kita sendiri, benar-benar terbius.




Adrian Yunan Faisal

Adrian
Seorang Bassis dan musisi yang setia dengan apa yang dia jalani. Kenapa gue bilang gitu, soalnya bang Adrian ini punya penyakit yang namanya retinitis pigmentosa yaitu kondisi genetik penglihatan yang semakin menurun dan bisa menyebabkan kebutaan. beberapa hari lalu gue liat penampilan dia di acara HISTERIA UNPAD yang ngundang ERK, disitu bang Adrian buat naik keatas panggung aja sampe di tuntun, gitar bass di pasangin, mic di dekatkan ke depan mulutnya, matanya nyaris ga bisa ngeliat, tapi dia tetap niat menghibur kita. sampe segitunya dia bermusik. salut ! apa lagi saat ERK bawain lagu Sebelah Mata dari album keduanya. disitu bang Adrian benar-benar ngeluarin segenap emosinya saat bermusik, soalnya lagu ini nyertain soal yang dia alamin,.

Lirik Lagu Efek Rumah Kaca - Sebelah Mata 

Sebelah mataku yang mampu melihat
Bercak adalah sebuah warna warna mempesona
Membaur dengan suara dibawanya kegetiran
Begitu asing terdengar

Sebelah mataku yang mempelajari
Gelombang kan mengisi seluruh ruang tubuhku
Terbentuk dari sel akut
Dan diabetes adalah sebuah proses yang alami

Tapi sebelah mataku yang lain menyadari
Gelap adalah teman setia
Dari waktu waktu yang hilang 

Lagunya sumpah keren banget, 


Akbar Bagus Sudibyo

Akbar
Bang Akbar yang notabene seorang abang dari artis Indra Bekti ini, penggebuk Drum di ERK yang atraktif dalam memainkan dram, gue namain permainan drumnya adalah gebukan futuristik nan enerjik #ngarang (pokoknya gitluah). tabuhannya sangat pas dengan petikan gitar bang Cholil yang melankolia dan dentuman bas bang Adrian yang yahut terdengar serasi dengan iringan Drum nya si Akbar. pokoknya mereka bertiga luar biasa.





Efek Rumah Kaca


Pendapat idola lain kepada Efek Rumah Kaca
Om Iwan Fals pernah ngomong bgini,

“sekarang saya sih hanya bermain senang-senang, karena ada yang meneruskan saya yaitu Efek Rumah Kaca.”


Gilaaaa... Seorang Iwan Fals bisa ngomong gitu buat Efek Rumah Kaca, kesalutan gue udah makain banyak buat ERK.

Bonus, Poto Gue Bareng bang Akbar ama bang Cholil dan teman-teman

bareng bang akbar

mata gue liat dompet, kebiasaan masa lalu (pengen ngepet)







Maaf, kalo ada yang tidak berkenan.
ini masalah selera penikmat musik.
enjoy !

5 komentar:

  1. iyaaaaaa suaranya tinggi tuh vokalisnya.. waktu dateng ke fakultas psikologi kampus gue. gila ujan2 tetep aja mana nongkrongin dia dibawah panggung.

    BalasHapus
  2. iya. non. ERK emang angganan manggung di kampus2, soalnya lagu2 nya jg edikatif bgt, ya gak , hehehe

    BalasHapus
  3. searching t entang ERk eh nemu blog ini, ngeepns sama ERK juga ternyata om. haha

    BalasHapus
  4. banget hahaha.. ente ngepens juga?

    BalasHapus
  5. Huwwoooww, ERK...
    Di blog gue juga buanyaakk ttg lope lope ERK :D :D :D

    BalasHapus